Cara Download dan Install Aplikasi Google Play Store di Komputer

Saat ini zaman telah modern, dimana segala sesuatunya sangat mudah untuk diakses. Hal ini terbukti, dimana saat ini Smartphone telah berkembang sangat pesat, bahkan menggantikan peran komputer. Tak hanya menggantikan saja, bahkan apa yang tidak ada di dalam komputer, ada di dalam Smartphone. Meski demikian, fungsi dan kegunaan komputer dengan Smartphone sangatlah berbeda.

Berbicara tentang Smartphone, saat ini yang banyak digunakan adalah sistem operasi Android. Dan dibalik sistem Android juga terdapat jumlah yang besar dari aplikasi, game serta permainan, dimana itu merupakan sistem operasi bebas.

Nah, disinilah letak kelebihan Smartphone berbasis Android, dimana Anda bisa mengunduh secara bebas aplikasi atau permainan dalam Smartphone melalui sebuah sistem yang bernama Google Play Store. Tentunya tak sing lagi bukan dengan istilah Google Play Store.

Lalu bagaimana dengan PC atau komputer? Untuk memasang aplikasi dalam komputer memang tak mudah layaknya memasang dalam Smartphone. Hal ini karena dalam komputer belum disediakan secara khusus sistem yang dapat digunakan untuk mendapatkan berbagai aplikasi yang diinginkan.

Alhasil yang dilakukan pengguna adalah mendownload dari toko atau melalui sebuah situs. Namun perlu Anda ketahui, ini tentunya akan sangat beresiko jika Anda sembarangan mengunduh. Risikonya adalah komputer Anda akan terkena virus.

Lalu bagaimana langkah yang tepat? Nah, kabar bahagia untuk Anda, ternyata Google Play Store dapat dipasang dalam komputer Anda. bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini!

Cara Download dan Install Google Play Store pada Komputer

Sebenarnya di dalam Google ada banyak situs yang menawarkan aplikasi Android untuk PC. Namun sayangnya, banyak orang yang percaya bahwa aplikasi Play Store hanya disediakan oleh Google saja, padahal jika Anda jeli mencari bisa menemukan dalam suatu situs.

Agar semakin mudah dalam mengunduh Play Store, maka Anda bisa gunakan beberapa cara berikut ini:

  1. Pertama tentunya cari terlebih dahulu situs yang menyediakan Google Play Store yang berupa file Apk tanpa memodifikasi berkas. Untuk mempermudahnya, bisa dengan mengunjungi situs http://apps.evozi.com/apk-dwonloader
  2. Umumnya, website memiliki antar muka yang sederhana, sehingga Anda tak perlu opsi yang tidak diperlukan. Namun biasanya Anda tetap harus memasukan nama paket atau URL Google dalam kotak yang tersedia.
  3. Nah, untuk menemukan nama paket aplikasi Android yang diinginkan, maka Anda hanya perlu membuka Google Play Store melalui browser web saja. Kemudian cari aplikasi yang diinginkan, lalu unduh dengan sangat mudah. Contohnya jika Anda akan memasang aplikasi Whatsapp, maka hanya dengan mencari di Google Play Store saja.
  4. Setelah menemukan aplikasi yang diinginkan, maka kemudian klik pada aplikasi yang dipilih. Dengan begitu Anda akan mendapatkan nama paket dari Address bar yang ada. Dimana setiap paket pasti akan dimulai dengan com. Contoh URL yang ditampilkan yakni Id= com.whatsapp
  5. Setelah muncul URL tersebut, maka kemudian salin URL tersebut, kemudian tempel dalam situs downloader apk yang telah dijelaskan dalam point pertama tadi.
  6. Selanjutnya, paste atau tempel URL dari aplikasi kemudian klik di bagian Generation Download Link agar aplikasi terunduh pada komputer Anda.
  7. Namun sebelum mendownload aplikasi, jangan lupa untuk memeriksa rincian aplikasi yang akan didownload. Baru setelah yakin atau sesuai, maka bisa langsung diunduh.
  8. Setelah rincian terkonfirmasi semua, maka klik tombol download, dan aplikasi akan terpasang dalam komputer Anda.

Lalu bagaimana untuk menjalankan aplikasi yang telah diunduh? Cara mudahnya adalah Anda perlu menggunakan ekstensi Google yang bernama ARC Welder. Setelah berhasil mendapatkan ARC Welder, maka tambahkan ke Chrome dengan cara klik “Add to Chrome”. Setelah berhasil, maka di bagian Chrome Anda akan ada ikon ARC Welder, tepatnya di bagian halaman aplikasi Chrome.

Selanjutnya, ketika aplikasi ARC Welder terbuka, maka klik tombol ‘Choose’ untuk memilih direktori. Berikutnya klik ‘Add your APK’, dan masukan file aplikasi yang telah Anda unduh sebelumnya. Namun pastikan sebelum Anda menjalankan aplikasi, atur terlebih dahulu mode yang akan digunakan, yakni Landscape atau Portrait. Dan jika semuanya telah selesai, maka klik ‘Launch App’, maka aplikasi bisa Anda jalankan dengan mudah.

Bagaimana mudah bukan untuk menjalankan aplikasi Android di komputer Anda? sebagai informasi, tak seperti pada Smartphone, dimana Anda bisa membuka beberapa aplikasi sekaligus, di komputer Anda hanya bisa membuka satu aplikasi saja. Sehingga jika Anda akan membuka satu aplikasi, maka aplikasi lainnya akan tertutup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *