4 Fitur Android Lollipop yang Wajib Anda Tahu, Bener-Bener Bikin Ngiler

Android Lolipop menjadi salah satu versi Android yang banyak digunakan saat ini. Mungkin Anda termasuk salah satunya. Jenis Android ini mulai diluncurkan pada bulan Juli dan merupakan Android versi 5.0.

Mengapa Diberi Nama Android Lolipop?

Buat Anda yang penasaran kenapa Android versi ini diberi nama Lolipop ini ternyata sudah ditebak oleh warganet sejak lama. Namun, ada kabar bahwa katanya Android ini sebelumnya akan diberi nama Lemon Merigue Pie.

Pemberian nama Android dengan nama Lolipop karena perusahaan google memang sudah terkenal memberikan nama Android dengan nama kue dan snak. Jadi bukan hal baru jika Android ini diberi nama Lolipop bukan?

Versi Android yang satu ini menawarkan banyak sekali fitur menarik di dalamnya. Bahkan Android Lolipop digadang-gadang menjadi update Android yang paling besar serta paling ambisius lebih dari 5.000 API baru untuk pada developer. Untuk Anda yang menggunakan versi Android ini, ada nih beberapa fitur menarik yang harus Anda tahu.

  1. Desain yang Baru

Versi Android Lolipop ini dijamin akan sangat menarik karena semua desainnya baru. Salah satunya bisa dilihat dari segi bahasanya. Bahkan di sini Google juga menggunakan bahasa desain pada semua aplikasi yang dimiliki dan bisa dipasang pada Android Lolipop lo.

Sebagai salah satu bukti nyata dari desain ini bisa dilihat pada versi terbaru dari Google Play Store, Google Drive, Chrome dan Google Play Newstand yang Anda miliki pada perangkat telepon pintar Anda.

Selain itu, desain terbau ini juga menampilkan tipografi yang lebih jelas, bersih dan juga mengandung warna-warna cerah dengan animasi yang fluid. Adapun tema yang digunakan juga sangat flat secara keseluruhan.

Untuk soal bahasa, tenang saja karena segi bahasa tetap mengedepankan konteks yang nyata pada animasi yang akan digunakan. Apalagi dengan elemen yang memiliki bayangan membuat semuanya terkesan menjadi lebih hidup.

  1. Notifikasi yang Lebih Pintar

Jika pada versi sebelumnya sudah ada notifikasi yang pintar, maka pada versi ini notifikasi yang muncul jauh lebih pintar dari sebelumnya. Jadi pada versi sebelumnya Anda pasti merasa terganggu dengan notifikasi yang muncul pada saat Anda melihat atau melakukan sesuatu. Hal tersebut ternyata juga disadari oleh Google lo.

Dengan kekurangan inilah makanya Google meluncurkan Android Lolipop dengan menawarkan sistem notifikasi yang baru yang disebut dengan notifikasi “Heads Up”. Jadi dengan menggunakan notifikasi ini Anda tidak akan merasa terganggu meskipun ada banyak notifikasi, sebab Anda bisa langsung membalasnya pada banner notifikasi.

Bahkan menariknya lagi, Anda juga bisa lo mengatur notifikasi apa yang ingin ditampilkan. Bukankah hal ini sangat membuat nyaman?

  1. Performa yang Lebih Menarik dengan Runtime Baru

Tahukah Anda jika Android selama ini menggunakan sistem runtime yang diberi nama Dalvik. Ternyata sistem ini sudah cukup tua dan kuno karena sudah ada sejak pertama kali Android diluncurkan. Untuk itu, kini Android Lolipop sudah tidak lagi menggunakan sistem ini dan menggantinya dengan Android Runtime (ART) yang secara default dijadikan sebagai runtime.

Dengan menggunakan Android Runtime ini membuat performanya menjadi lebih gegas lo. Bahkan google juga mengklaim adanya sistem baru ini dapat berjalan lebih cepat empat kali jika dibandingkan dengan yang sebelumnya.

Sayangnya, ART tetap saja memiliki kekurangan yang mana belum 100% semua aplikasi yang ada di Google Play Store sudah didukung oleh ART. Jadi, jika Anda menggunakan aplikasi lama yang belum diganti menjadi ART, kemungkinan ketika digunakan bisa mengalami crash.

  1. Era Komputasi 64-bit

Jika Apple sudah memperkenalkan 64-bit ada iPhone 5s, maka Google juga memperkenalkannya pada versi Android Lolipop. Tentunya hal ini senada dengan bantuan dari sistem runtime ART dimana saat ini semua aplikasi bisa dijalankan sesuai dengan arsitektur yang dimiliki oleh 64-bit.

Adanya hal ini memiliki dampak yang baik dengan membuka kemungkinan yang lebih luas. Bahkan, mungkin saja sistem operasi yang digunakan di masa depan dapat digantikan dengan sistem operasi pada dekstop saat ini.

Bagaimana? Bukankah ada banyak sekali fitur menarik yang ditawarkan oleh Android Lolipop untuk Anda coba. Untuk Anda yang belum memilikinya. Yuk update versi Android terbaru Anda sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *